[SALAH] Sandra Dewi Gandeng Hotman Paris untuk Selesaikan Kasus Korupsi Timah 271 T

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Hotman Paris membantu Sandra Dewi untuk menyelesaikan kasus korupsi timah yang menyeret sang suami merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, isi dan narasi video berbeda dengan judul yang ditampilkan. Selain itu, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/VaadEdB0ieo (YouTube)

=======

[NARASI]: “Sandra Dewi & Suami Bakal Gandeng Hotman Paris Untuk Selesaikan Masalahnya, Ini Jawabannya | Sandra Dewi Minta Bantuan Hotman, Sang Pengacara Langsung Tampil Begini”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @yaschannelofficial pada 2 April 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Sandra Dewi meminta bantuan pengacara kondang, Hotman Paris, untuk menyelesaikan masalah korupsi timah senilai Rp 271 T yang menyeret sang suami, Harvey Moeis.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya isi dan narasi unggahan berbeda dengan judul dan thumbnail yang ditampilkan. Berdasarkan penelusuran pun, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai Hotman Paris yang membantu Harvey Moeis untuk menyelesaikan kasus korupsi seperti yang diklaim pada unggahan.

Selain itu, cuplikan video Hotman Paris yang ditampilkan pada unggahan nyatanya diambil dari acara podcast milik Deddy Corbuzier dan telah ditayangkan pada 20 September 2022.

Sumber: YouTube Deddy Corbuzier

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @yaschannelofficial merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]: