[SALAH] Kejagung Temukan 400 Kilogram Emas Batangan di Rumah Sandra Dewi

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Kejagung menemukan 400 kg emas batangan saat melakukan penggeledahan di rumah Sandra Dewi merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/archive/dIDZi (TikTok)

=======

[NARASI]: “saat menggeledah rumah sandra dewi, polisi menemukan 400 kg emas batangan beserta mata uang vietnam, korea, hingga dollar amerika. kejadian ini sangat miris karena korupsi 271 T yang dilakukan oleh suami sandra dewi (Harvey Moeis) sangat merugikan negara”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @vibranews.id mengunggah video dengan klaim bahwa polisi menemukan sejumlah mata uang asing beserta 400 kg emas batangan ketika melakukan penggeledahan di rumah Sandra Dewi. Sebelumnya diketahui bahwa suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut.

Pada awal April 2024, kediaman Harvey Moeis diketahui memang telah digeledah oleh Kejagung. Dari penggeledahan tersebut, Kejagung berhasil melakukan penyitaan terhadap barang bukti elektronik, kumpulan dokumen terkait, serta dua unit mobil mewah yakni Rolls-Royce dan Mini Cooper S Countryman F60. Selain itu, masih ada barang lainnya yang belum diamankan lantaran menunggu verifikasi.

Sumber: Liputan 6

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @vibranews.id merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/news/read/5569542/harvey-moeis-bantah-kejagung-sita-uang-rp76-miliar-dan-emas-1-kg-di-rumahnya
https://news.detik.com/berita/d-7284600/harvey-moeis-menepis-sitaan-keping-emas-dan-rp-76-m-bukan-dari-rumahnya