[SALAH]: “PBB kecam serangan Iran terhadap Israel”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya Sekretaris Jenderal mengutuk Serangan Israel terhadap tempat Diplomatik Iran di Damaskus.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://archive.md/5TtcW

=====

[NARASI]: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa: Kami mengutuk serangan Iran terhadap Israel dan menuntut penghentian segera serangan-serangan tersebut.
Lucu, Sekjen PBB sebelumnya tidak mengutuk agresi Israel ke konjen Iran di Damaskus.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama pengguna “SoftWarNews” mengunggah postingan dengan narasi PBB kecam serangan Iran terhadap Israel.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya  Sekretaris Jenderal mengutuk Serangan Israel terhadap tempat Diplomatik Iran di Damaskus.

Sekretaris Jenderal menegaskan kembali bahwa prinsip tidak dapat diganggu gugatnya tempat dan personel diplomatik dan konsuler harus dihormati dalam semua kasus sesuai dengan hukum internasional.

Sekretaris Jenderal selanjutnya menyerukan semua pihak untuk menahan diri dan menghindari eskalasi lebih lanjut. Ia memperingatkan bahwa setiap kesalahan perhitungan dapat menyebabkan konflik yang lebih luas di wilayah yang sudah bergejolak, dengan konsekuensi yang sangat buruk bagi warga sipil yang telah mengalami penderitaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Suriah, Lebanon, Wilayah Pendudukan Palestina, dan Timur Tengah yang lebih luas.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang PBB kecam serangan Iran terhadap Israel adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://press.un.org/en/2024/sgsm22181.doc.htm
https://twitter.com/Jatosint/status/1779335751223968011