[SALAH] TAK JADI KETUM PARTAI, GIRING GANESHA KINI JADI PENGAMEN JALANAN

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, video Giring saat sedang bernyanyi di pinggir jalan, merupakan video penampilan dirinya saat mengisi acara pada Monday Replay x CXO Live From Season 3 – Ep. 3 yang digelar di Anjungan Sarinah pada Senin (1/4).

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/1qztt

=====
[NARASI]:

“Pesanku pada anakku.
Jangan pernah sombong.
Jangan pernah merendahkan orang lain.
Ingat nak. @Giring_Ganesha, Ketua Partai  yang di dukung presiden pun bisa jadi pengemis jalanan, karena sangat sombong pada waktu dia ketua partai.
Bagaimana uni @DrEvaChaniago @vanc1Bozz”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah akun di media sosial X bernama @ucoxregar, membagikan video dari Eks Ketum PSI, Giring Ganesha. Di dalam unggahannya akun ini membagikan video Giring yang terlihat bernyanyi di pinggir jalan dan menyebut bahwa kini Giring telah menjadi pengamen jalanan. Lalu apakah benar bahwa Giring kini telah menjadi pengamen jalanan sejak tidak menjabat sebagai Ketum PSI?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hal tersebut, diketahui bahwa klaim yang diunggah oleh akun X ini mengandung kekeliruan. Pasalnya, walau tidak menjabat sebagai Ketum PSI, Giring Ganesha kini diangkat menjadi anggota Dewan Pembina PSI.

Video Giring yang terdapat di dalam unggahan tersebut, merupakan video dirinya yang tampil dalam acara Monday Replay x CXO Live From Season 3 – Ep. 3 yang digelar di Anjungan Sarinah pada Senin (1/4). Penampilan tersebut menjadi yang pertama, setelah dirinya sempat vakum selama 4 tahun karena berfokus pada karir politik.

“Sebenarnya gak pernah hilang kayak pergi (dari dunia musik) 100 persen juga, gak pernah. Soalnya dulu beberapa tahun ini kalau nyanyi buat kader partai,” kata Giring, dalam detik.com, di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (1/4) malam.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa kini Giring menjadi pengamen jalanan usai tidak menjabat sebagai Ketum partai, merupakan klaim keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.detik.com/pop/music/d-7273269/giring-manggung-lagi-grogi-lagi

https://www.insertlive.com/film-dan-musik/20240402092718-25-334753/lama-menghilang-giring-eks-nidji-kejutkan-penonton-di-sarinah

=====