[SALAH] Gempa 9,8 Magnitude Guncang Labuan Bajo 4 April 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi gempa 9,8 magnitude yang menerjang Labuan Bajo. Gempa yang terjadi di Timor Tengah Selatan NTT hanya sebesar 3,0 magnitude.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/mWWjYIZpVSk (arsip)

===========

[NARASI]: “BARU SAJA GEMPA MAGNITUDE 9,8 GUNCANG LABUAN BAJO HINGGA TERBELAH AMBRUK”

===========

[PENJELASAN]: Pada 4 April 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul mengenai terjadinya gempa berkekuatan magnitude 9,8 Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh okezone.com yang berjudul “Gempa M3,0 Guncang Labuan Bajo NTT”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa sebesar 9,8 magnitude.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 2 April 2024. Gempa 3,0 magnitude tersebut terjadi pada pukul 06:56 WITA. BMKG belum menginformasikan secara detail penyebab dan dampak kerusakan ataupun kerugian yang timbul akibat guncangan gempa ini.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa sebesar 9,8 magnitude yang mengguncang Labuan Bajo adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Labuan Bajo hanya sebesar 3,0 magnitude.

===========

[SALAH] Gempa 10,9 Magnitude Guncang Jepang pada 7 April 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan jika benar telah terjadi gempa magnitude 10,9 yang menerjang Jepang pada 7 April 2024. Faktanya gempa yang terjadi di Jepang yang dibahas dalam video adalah gempa yang terjadi pada 4 April 2024 dan hanya sebesar magnitude 6,0.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/NMd-pxuQYSo (arsip)

===========

[NARASI]: “ARU SAJA GEMPA GUNCANG JEPANG, GEMPA MAGNITUDE 10,9 SEKETIKA WARGA MENJERIT”

===========

[PENJELASAN]: Pada 7 April 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul mengenai terjadinya gempa berkekuatan magnitude 10,9 yang mengguncang Jepang.

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Detik.com yang berjudul “Gempa M 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa magnitude 10,9 yang mengguncang Jepang.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 4 April 2024. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) secara terpisah melaporkan kekuatan gempa bumi yang mengguncang Jepang pada 4 April 2024 mencapai magnitudo 6,1 dengan pusatnya berada di kedalaman 40,1 kilometer. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadi gempa magnitude 10,9 yang menerjang Jepang adalah informasi yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://news.detik.com/internasional/d-7277777/gempa-m-6-guncang-jepang-tak-ada-peringatan-tsunami