[SALAH] AKUN FACEBOOK PJ GUBERNUR SULAWESI SELATAN, BAHTIAR BAHARUDDIN

Akun tersebut PALSU. Diskominfo Sulawesi Selatan menegaskan jika PJ Gubernur, Bahtiar Baharuddin tidak memiliki akun media sosial apapun, termasuk Facebook.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: FACEBOOK

https://web.facebook.com/profile.php?id=61556773435750

Arsip: https://ghostarchive.org/archive/BRIkd 

===

NARASI: (tidak terdapat narasi)

===

PENJELASAN: Beredar sebuah akun Facebook yang mencatut nama PJ Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin. Akun tersebut diketahui menggunakan nama serta foto Bahtiar yang sedang mengenakan seragam dinas berwarna putih.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, akun tersebut diketahui merupakan akun PALSU. Kepala Bidang Humas Diskominfo SP Sulawesi Selatan, Erlan Triska menjelaskan jika sampai dengan artikel ini dibuat PJ Gubernur, Bahtiar Baharuddin tidak mempunyai akun media sosial apapun, termasuk dengan Facebook. Oleh sebab itu ditegaskan jika akun yang saat ini tengah beredar bukanlah milik Bahtiar.

Erlan turut mengimbau masyatakat agar berhati-hati, serta mewaspadai adanya tindak penipuan dari akun-akun palsu yang beredar.

“Hati-hati, waspada penipuan. Karena Bapak Gubernur Bahtiar tidak memiliki akun sosial media, termasuk Facebook. Jangan diladeni kalau ada permintaan-permintaan. Jika ada masyarakat yang dirugikan, itu diluar tanggung jawab kami dan segera melapor ke pihak kepolisian” tegas Erlan.

Berdasar seluruh referensi, akun Facebook PJ Bupati Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin adalah akun PALSU. Akun tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://bukamatanews.id/read/2024/04/15/hati-hati-penipuan-pj-gubernur-bahtiar-tidak-miliki-akun-sosial-media
https://www.antaranews.com/berita/3994653/nama-pj-gubernur-sulsel-dicatut-terkait-bantuan-hibah-masjid