[SALAH] Kereta Cepat Whoosh Bocor

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, Postingan yang menyatakan bahwa kereta cepat Whoosh buatan China ini tidak mengalami kebocoran. Pihak KCIC telah membantah kabar tersebut dan memberikan keterangan bahwa air yang membasahi gerbong kereta disebabkan tampias air hujan saat pintu terbuka menunggu penumpang untuk masuk bukan karena kebocoran.

[KATEGORI] Konten Menyesatkan

[SUMBER] Tiktok https://web.archive.org/web/20240414064026/https://www.tiktok.com/@surya16002/video/7356920279660072198?_t=8lVprYwGxxo&_r=1

====
[NARASI]
” Kereta cepat Whoosh alami kebocoran akibat hujan deras.
Belum lunas sudah bocor, seperti beli rumah KPR subsidi”

====
[PENJELASAN]
Sebuah postingan di Tiktok mengatakan bahwa kereta cepat Whoosh mengalami kebocoran karena hujan deras. Video yang dibagikan oleh akun Tiktok @Surya16 ini juga memperlihatkan bagian dalam kereta yang tergenang air.

Setelah ditelusuri, ternyata klaim tersebut tidak benar adanya. Dilansir dari laman detiknews, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah membantah kabar yang mengatakan bahwa gerbong kereta bocor. Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan bahwa tidak ada kebocoran sama sekali. Lantai gerbong yang basah dikarenakan tampias air hujan. “Pada saat kereta yang akan berangkat masih menunggu penumpang masuk, posisi pintu kereta terbuka, sehingga tampias air hujan karena angin banyak yang masuk. Bukan bocor, ” jelas Eva. Kejadian ini terjadi pada tanggal 12 April 2024 di Stasiun Tegalluar. Cuaca pada waktu itu memang sedang hujan deras dan disertai angin kencang.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pernyataan soal kereta cepat Whoosh yang mengalami kebocoran tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://news.detik.com/berita/d-7289968/kcic-bantah-kereta-whoosh-bocor-ini-penjelasannya/amp