[SALAH] “Hari ketika Iran mengambil tindakan untuk menghancurkan pembunuh anak-anak #Palestina”

MENYESATKAN, memanfaatkan situasi konflik Iran – Israel saat ini (2024). FAKTA: video yang dibagikan TIDAK berkaitan, sudah beredar sebelumnya pada tahun 2023 lalu yang sebelumnya direkam dari permainan (game) dan dibagikan di aplikasi Douyin.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, archive.today (arsip cadangan).

NARASI: “Hari ketika Iran mengambil tindakan untuk menghancurkan pembunuh anak-anak #Palestina 🇵🇸
(untuk penaklukan Quds) Perintah menyerang Israel akan dikeluarkan oleh Imam Mahdi penguasa Akhir Zaman sendiri dengan kuasa Allah.
PalestinaPost”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan narasi/klaim yang memanfaatkan situasi konflik Iran – Israel saat ini (2024) yang menimbulkan kesimpulan MENYESATKAN. FAKTA: video yang dibagikan TIDAK berkaitan, sudah beredar sebelumnya pada tahun 2023 lalu yang diambil dari video rekaman permainan (game) yang sebelumnya dibagikan di aplikasi Douyin.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan video yang identik yang membagikan sebelumnya pada tahun 2023 lalu, 峨眉峰(之北方分峰)@yjh29640319 di X/Twitter: “If we really need to liberate Taiwan by force, I hope it will be this kind of firepower density.” (Google Translate) [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pemeriksaan video menggunakan Google Lens: “Translated text Tik Tok Douyin account: 54425303792” [3]

REFERENSI

[1] First Draft News: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate) / archive.today (arsip cadangan).

[2] X/Twitter / archive.today (arsip cadangan).

[3] Google Lens / archive.today (arsip cadangan).