[SALAH] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang dikatakan sebagai terowongan bawah laut yang jebol tersebut tidak benar, faktanya terowongan tersebut bukan merupakan terowongan bawah laut dan kebocoran tersebut berasal dari pipa air yang ditanam di dinding terowongan.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/gpqZl (arsip)

===========

[NARASI]: trowongan bawah laut jebol

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di Tiktok yang memperlihatkan sebuah adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Pada video tersebut terdengar suara orang-orang yang berteriak histeris dan mengucapkan “Laa ilaaha illallah”, juga terlihat ada sebuah truk yang menabrak dinding terowongan tersebut sehingga menimbulkan kebocoran.

Video tersebut sudah dibagikan sebanyak 10 ribu kali dan mendapatkan sebanyak 9 ribu komentar. Beberapa warganet di kolom komentar ada yang mengatakan jika video yang beredar tersebut terjadi di Indonesia.

Namun, ungkapan tersebut tidak benar karena hingga saat ini Indonesia sendiri belum mempunyai tol bawah laut. Dilansir dari ayobandung.com dan ekonomi.bisnis.com, IKN akan menjadi kota pertama yang memiliki tol bawah laut dan itu pun menurut Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, pembangunan tol bawah laut IKN tersebut baru akan dimulai konstruksinya di luar masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau setelah 2024.

Selain itu saat dilakukan pencarian, ditemukan sumber asli video tersebut yang diunggah di Youtube dengan judul “Burst Water Pipe Cheung Tsing Tunnel | Hong Kong”. Pada video tersebut sama sekali tidak terdengar suara orang yang sedang histeris dan mengucap kalimat “Laa ilaaha illallah”, dapat dipastikan jika suara tersebut merupakan editan.

Melansir sebuah artikel dari thestandard.com yang membahas mengenai video terowongan yang bocor tersebut. Diketahui, jika terowongan tersebut merupakan terowongan yang berada di Hong Kong dan bukan merupakan terowongan tol bawah laut. Terowongan tersebut mengalami kebocoran air akibat dari sebuah truk yang mengalami kecelakaan lalu menabrak dinding terowongan, sehingga membuat kebocoran pada pipa yang ditanam di balik dinding terowongan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.ayobandung.com/umum/7912351255/keren-indonesia-bakal-punya-tol-bawah-laut-pertama-di-ikn-pembangunan-siap-diresmikan-pada-2024

https://ekonomi.bisnis.com/read/20240109/45/1730638/pupr-mulai-desain-tol-terowongan-bawah-laut-ikn-kapan-dibangun

https://www.thestandard.com.hk/breaking-news/section/4/214191/Truck-crashes-bursting-waterpipes-in-Cheung-Tsing-Tunnel;-driver-hospitalized

https://www.youtube.com/watch?v=ZcSvYOE4AFc