[SALAH] Pulau Dewata Tragis, Gelombang Tinggi Mencekam dan Melalap Habis Wilayah Pantai Bali

Hasil periksa fakta Imroatul 


Unggahan video dengan klaim Pulau Dewata tragis akibat gelombang tinggi yang mencekam dan melalap habis wilayah Pantai Bali merupakan informasi yang menyesatkan. Faktanya informasi tersebut adalah informasi yang telah diberitakan di tahun 2023 lalu. 

= = = = =
[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

= = = = =
[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/TEwgDtymIzE

= = = = =
[NARASI]: LIVE ; PULAU DEWATA TRAGIS,MENCEKAM GELOMBANG TINGGI MELALAP HABIS WILAYAH PANTAI BALI

= = = = =
[PENJELASAN]
Akun Youtube dengan nama @bencanaalam294 telah mengunggah video yang mengklaim bahwa terjadi gelombang tinggi yang mencengkam dan melalap habis wilayah Pantai Bali. Selanjutnya menyebabkan Pulau Dewata menjadi tragis. 

Setelah dilakukan penelusuran ternyata narator hanya membacakan kembali narasi artikel milik ANTARA yang diunggah tanggal 14 Juni 2023 pada laman pribadinya. Informasi tersebut diunggah dengan judul “BMKG keluarkan peringatan gelombang tinggi 3,5 meter di Selat Bali”.

Narasi tersebut membahas terkait Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan peringatan dini potensi ketinggian gelombang laut di Selat Bali mencapai hingga 3,5 meter yang diperkirakan terjadi pada 14-16 Juni 2023. Oleh karenanya masyarakat, pelaku wisata bahari, dan nelayan, diminta untuk mengantisipasi potensi ketinggian gelombang laut itu.

Dengan demikian informasi tersebut merupakan informasi yang salah dan menyesatkan. 

[REFERENSI]
https://m.antaranews.com/berita/3587400/bmkg-keluarkan-peringatan-gelombang-tinggi-35-meter-di-selat-bali