[SALAH] Lebaran Ketiga Gunung Semeru Erupsi dan Telan Korban Jiwa

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya tidak diberikan informasi tentang adanya korban jiwa akibat dari erupsi tersebut, maka klaim yang mengatakan jika pada 12 April 2024 kemarin erupsi Gunung Semeru memakan korban jiwa adalah informasi yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/2sVvMgDKU6s (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~NAAS LEBARAN KE TIGA..GUNUNG SEMERU KEMBALI MELETUS & BANYAK TELAN KORBA JIWA”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 13 April 2024 lalu muncul unggahan video di Youtube membagikan sebuah klaim jika Gunung Semeru mengalami letusan di H+3 lebaran hingga memakan banyak korban jiwa.

Namun, saat disimak isi dari video tersebut hanya menyampaikan berita yang diunggah pada 12 April 2024 oleh Portal Tebo dengan judul artikel “Lebaran Ketiga Idul Fitri, Gunung Semeru Erupsi Dua Kali”.

Pada artikel tersebut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) erupsi terjadi dua kali, yang pertama terjadi pada pukul 03:31 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 m di atas puncak dan letusan kedua terjadi pada pukul pukul 09:02 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 800 m di atas puncak.

Hingga akhir penjelasan tidak diberikan informasi tentang adanya korban jiwa akibat dari erupsi tersebut. Dengan demikian klaim yang mengatakan jika pada 12 April 2024 kemarin erupsi Gunung Semeru memakan korban jiwa adalah informasi yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.portaltebo.id/news/57312408475/lebaran-ketiga-idul-fitri-gunung-semeru-erupsi-dua-kali