[SALAH] Yusril Akan Mundur Dari Tim Hukum 02

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Postingan yang beredar di Tiktok dan menyebutkan bahwa Yusril Ihza akan mundur dari tim hukum 02 tidaklah benar. Dalam video yang beredar tidak ada pernyataan dari Yusril akan mundur. Selain itu, Yusril Ihza diketahui masih optimis mendukung 02 sampai keputusan akhir Mahkamah Konstitusi pada tanggal 22 April 2024.

Simak Penelusurannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok
https://web.archive.org/web/20240405091940/https://www.tiktok.com/@herlybaritto/video/7353313241776360709?_t=8lG6XQBvxoW&_r=1

====
[NARASI]
” Dalam 2-3 hari kedepan Yusril akan mundur dari pengacara 02 karena bertentangan dengan moral penegak hukum.

Membela yang salah pengacara terkesan tidak profesional dan ngawur. Kecurangan TSM 02 Semakin Jelas”.

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Tiktok menyatakan bahwa Yusril Ihza akan mundur dari tim hukum 02. Dalam video yang diunggah oleh akun @Harly Barito ini terlihat Yusril Ihza sedang berbicara ditengah sidang Mahkamah Konstitusi terkait Gibran. Selain itu, disertakan narasi bahwa Yusril akan mundur dari pengacara 02 karena yang dibela sangat jelas salah.

Setelah ditelusuri, tim pemeriksa fakta menemukan video serupa di kanal Youtube Kompas TV yang berisi tentang pertanyaan Yusril Ihza mengenai putusan 90 Mahkamah Konstitusi yang meloloskan Gibran sebagai cawapres dalam sidang sengketa Pilpres pada tanggal 2 April 2024. Adapun pernyataan Yusril secara lebih lengkap yaitu
” Andai kata saya Gibran saya akan minta kepada dia. Kata-kata yang tidak logis. Andai kata saya Gibran saya akan bersikap seperti ini. Ini baru logis. Jadi yang saya ucapkan adalah andai kata saya Gibran, saya memilih saya tidak akan maju karena saya tahu bahwa putusan ini problematik”

“Keadilan dan kepastian hukum adalah suatu yang sulit dipertemukan. Menurut saudara apakah kita akan berdebat pada suatu keadilan yang tidak berujung atau kita akhiri dengan sebuah kepastian hukum”. Dalam pernyataan ini tidak ada permasalahan terkait dukungan kepada Gibran sebagai cawapres dan tidak ada kata-kata atau sikap Yusril Ihza akan mundur dari tim hukum 02.

Sementara itu, Yusril Ihza hingga saat ini masih menjadi tim pembela 02 diketahui dari unggahan Instagram pribadinya bahwa Yusril optimis pada keputusan akhir tanggal 22 April 2024 Prabowo-Gibran akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tanpa adanya keraguan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video yang menyatakan bahwa Yusril Ihza akan mundur dari tim hukum 02 tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://youtu.be/ZhjcjDDSSbY?si=o0yozcqupBHvTMK_

https://www.instagram.com/p/C5YlRFaPvyw/?igsh=NjBicHVjNjVmY2Q3

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-yusril-akan-mundur-dari-tim-hukum-02