[SALAH] World Economic Forum Membuat Mata Uang Digital Global yang Melacak Semua Kegiatan Penggunanya

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Mata Uang Digital atau “Central Bank Digital Currency Tracker” yang dimaksud WEF digunakan untuk mengukur jejak karbon yang dihasilkan oleh masyarakat ketika berkegiatan, serta untuk mempromosikan gaya hidup minim jejak karbon, bukan sebagai alat pelacak yang melanggar privasi penggunanya.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/VITvw

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“WEF baru saja mengkonfirmasi CBDC global. Mereka mengakui bahwa mereka akan melacak apa yang Anda makan, perjalanan Anda, dengan siapa Anda berbicara, dan segala hal lain yang Anda lakukan dalam hidup. Tapi tentu saja mereka melakukan ini untuk menyelamatkan kita dari ‘darurat iklim’”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @LayahHeilpern mengunggah video cuplikan salah satu diskusi di World Economic Forum, yang diklaim sebagai pemberitahuan bahwa WEF akan meluncurkan CBDC (Central Bank Digital Currency) yang dapat melacak semua kegiatan penggunanya. @LayahHeilpern juga menambahkan bahwa alat ini tentu saja akan diklaim sebagai penyelamat masyarakat akan ‘darurat iklim’. Cuitan dan video yang diunggah pada 16 Januari tersebut telah disukai 8,850 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 5,000 kali, serta telah dilihat 1,2 juta kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video lengkap dari forum WEF tersebut telah diunggah di akun YouTube resmi World Economic Forum yang berjudul “Strategic Outlook: Responsible Consumption”. Pada menit ke 29:45, terlihat video dengan pembicara Eksekutif Teknologi dan Presiden dari Alibaba Group, J. Michael Evans, sama seperti pembicara di cuplikan video yang diunggah @LayahHeilpern.

J. Michael Evans berbicara mengenai teknologi yang melacak ‘carbon footprint trackers’. Teknologi ini, menurut J. Michael Evans, akan diproduksi oleh Alibaba yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam menerapkan perilaku yang eco-friendly.

Tidak hanya itu, melansir dari salah satu artikel Alizila yang berjudul “Alibaba Launches Carbon Ledger to Drive Eco-Friendly Consumer Behavior”, dijelaskan bahwa teknologi ‘carbon footprint trackers’ tersebut akan memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya yang memiliki ‘carbon footprints’ rendah, yang dibuktikan dengan alat perekam tersebut.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @LayahHeilpern merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-world-economic-forum-membuat-mata-uang-digital-global-yang-melacak-semua-kegiatan-penggunanya


https://www.youtube.com/watch?v=tqiz4g8LdoM&t=1783s


https://www.alizila.com/alibaba-launches-carbon-ledger-to-drive-eco-friendly-consumer-behavior/