[SALAH] Presiden Vladimir Putin: “Yesus Berkulit Hitam dan Semua Pengikut-Nya Berkulit Hitam”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Pengisi suara berbahasa Inggris di video tersebut tidak menerjemahkan pidato Vladimir Putin secara harfiah, serta pada video asli berbahasa Rusia.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/FFwWe

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Saudara Vladimir Putin baru saja mengumumkan kepada negaranya dan dunia bahwa Yesus berkulit hitam dan para ahli Alkitab semuanya berkulit hitam. Dia memberi tahu negaranya bahwa kami sekarang melayani Yesus yang berkulit hitam. #BlackTwitter #ados #fba #israelites #blackjesus #IsraeliNewNazism #freepalestine”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @MADDIMADD7 mengunggah cuplikan video Vladimir Putin yang disertai dengan pengisi suara Bahasa Inggris. Pada video tersebut terlihat bahwa Presiden Putin mengatakan Yesus berkulit hitam, begitu juga dengan semua pengikut-Nya. @MADDIMADD7 menambahkan komentar bahwa Vladimir Putin memberi tahu negaranya bahwa mereka sekarang melayani Yesus yang berkulit hitam. Cuitan dan video yang diunggah pada 24 Maret tersebut telah disukai 78 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 50 kali, serta telah dilihat lebih dari 12,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Pemerintah Rusia telah mengunggah salinan pidato Putin dalam Bahasa Inggris pada situs resmi mereka. Melansir dari salinan di situs tersebut yang berjudul “New Year Address to the Nation”, pidato Putin itu berisi ucapan selamat merayakan tahun baru oleh Putin kepada warga Rusia, tidak ada penyebutan mengenai Yesus ataupun warna kulit hitam sama sekali.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @MADDIMADD7 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
http://en.kremlin.ru/events/president/news/73200

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-presiden-vladimir-putin-yesus-berkulit-hitam-dan-semua-pengikut-nya-berkulit-hitam