[SALAH] Tiga Desa di Jombang Ludes Akibat Angin Tornado

Hasil periksa fakta Agnes A

Bukan angin tornado, dua desa di Jombang, Jawa Timur diterjang hujan deras dan angin kencang. Akibatnya, sepuluh rumah di dua desa mengalami kerusakan ringan tanpa korban jiwa.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/dz2CgzaMP-c (Youtube)

=====

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~JOMBANG AMBURADUL..NGERI ANGIN TORNADO HARI INI TELAN 3 WILAYAH LUDES TAK TERSISA.”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube ghost crossing / ghost prank crossing mengunggah video dengan klaim tiga desa di Jombang ludes tak tersisa akibat angin tornado. Dalam video tersebut menampilkan berbagai cuplikan wilayah yang diklaim mengalami kerusakan.

Namun setelah menonton keseluruhan video, narasi yang dibacakan dalam video tidak menjelaskan tentang klaim bencana angin tornado tersebut. Narator hanya membacakan ulang artikel yang sebelumnya diunggah oleh celah.id dengan judul “Sepuluh Rumah Warga Jombang Rusak Akibat Angin Kencang” dan artikel Radar Jombang berjudul “Hujan dan Angin Kencang Melanda Desa Mojokrapak Jombang, Sejumlah Pohon Tumbang Merusak Rumah dan Jalan”

Kedua artikel tersebut menjelaskan mengenai kejadian hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Jombang, Jawa Timur. Terdapat kerusakan pada sepuluh rumah di Desa Plosogeneng dan Desa Mojokrapak.

Kapolsek Jombang Kota AKP Soesilo mengungkapkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta akibat kerusakan material yang disebabkan paska bencana terjadi.

=====

[REFERENSI]: