[SALAH] Pidato Jokowi ” Jangan Ada yang Protes Tentang Kenaikan Pangkat Prabowo Subianto”

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Faktanya, video tersebut merupakan hasil manipulasi artificial intelligence (ai). Video aslinya, Jokowi sedang berpidato pada acara bertajuk “Arahan Jokowi di Rapim TNI-Polri 2024: Singgung Pemilu, Geopolitik hingga Perang Cyber.”

[KATEGORI]
Satire/parodi

[SUMBER]
TikTok
https://perma.cc/4EMG-APZW

[NARASI]
“salam perubahan pak”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang berpidato menggunakan jas berwarna biru navy dengan dasi merah. Pada pidato itu terdengar Jokowi menyampaikan pesan jika jangan ada gang protes tentang kenaikan pangkat Prabowo Subianto.

Pada video pidato itu, Jokowi berkata “kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk jangan ada yang protes tentang kenaikan pangkat bapak Prabowo Subianto menjadi bintang empat, saya berjanji kepada seluruh masyarakat Indonesia diakhir jabatan saya ini saya juga akan memberikan bintang kepada seluruh masyarakat Indonesia yaitu bintang tujuh obat sakit kepala.”

Faktanya, setelah dilakukan pengecekan menggunakan Ai Vioce Detector, video tersebut merupakan hasil suara dari Ai dengan presentase 84,45 persen menggunakan AI Voice Maker.

Video pidato Jokowi menggunakan jas berwarna biru navy dan dasi merah itu, saat Jokowi menghadiri acara bersama TNI dan Polri pada 28 Februari 2024. Video aslinya dapat dilihat di kanal YouTube Warta Kota Production dengan judul “Arahan Jokowi di Rapim TNI-Polri 2024: Singgung Pemilu, Geopolitik hingga Perang Cyber.” Tidak ada pernyataan Jokowi pada momen itu jika melarang masyarakat protes tentang kenaikan pangkat bintang empat Prabowo Subianto .

[REFERENSI]
https://aivoicedetector.com/index.html
https://youtu.be/X79fdEmLwmQ?si=TUttkSEcIAi70Qub
https://turnbackhoax.id/2024/03/05/salah-pidato-jokowi-agar-masyarakat-jangan-pusing-kepala-kenaikan-bintang-empat-kepada-prabowo/
https://turnbackhoax.id/2024/03/12/salah-presiden-jokowi-minta-masyarakat-tidak-mengkritik-kenaikan-pangkat-bintang-4-menteri-pertahanan-prabowo-subianto/
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pidato-jokowi-jangan-ada-yang-protes-tentang-kenaikan-pangkat-prabowo-subianto