[SALAH] Pidato Jokowi Agar Masyarakat Jangan Pusing Kepala Kenaikan Bintang Empat Kepada Prabowo

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, suara yang digunakan merupakan konten audio yang dihasilkan oleh Artificial Intelligence (AI). Hal tersebut dibuktikan dengan pemindaian audio menggunakan alat elevenlabs.io dengan probabilitas sebesar 80% dan aivoicedetector.com sebesar 81,42%.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI
Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu
==========================

NARASI
“Pidato Presiden Jokowi di acara naik pangkat Prabowo guys
Jangan Ada yang Protes #viraltiktok #viralvideo #abialasyi #jokowi #presiden #prabowo”
Sumber: https://vt.tiktok.com/ZSFAXSd5W/  (https://archive.md/VQgO2 arsip)
==========================

PENJELASAN:

Sebuah akun Tiktok dengan nama @abialasyi mengunggah sebuah video Presiden Jokowi sedang berpidato. Dalam pidato tersebut, Presiden Jokowi terdengar sedang mengucapkan kalimat sebagai berikut:

“Kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk jangan ada yang protes tentang kenaikan pangkat Bapak Prabowo Subianto menjadi Bintang empat. Saya berjanji kepada seluruh masyarakat Indonesia di akhir jabatan say aini, saya akan memberikan juga Bintang kepada seluruh masyarakat Indonesia, yaitu Bintang tujuh, obat sakit kepala,”

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa suara Presiden Jokowi yang digunakan pada video tersebut merupakan buatan Artificial Intelligence (AI). Hal tersebut dibuktikan dengan pemindaian audio menggunakan alat pendeteksi suara AI elevenlabs.io dan aivoicedetector.com.

Dari pemindaian tersebut, didapatkan hasil probabilitas yang hampir sama besarnya yakni 80 persen melalui elevenlabs.io dan 81,42 persen melalui aivoicedetector.com.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa audio yang digunakan dalam unggahan tersebut dibuat oleh AI. Sehingga klaim pada narasi yang beredar bahwa video tersebut merupakan cuplikan pidato Jokowi terkait penganugerahan bintang empat kepada Prabowo, tidak benar.
========================

REFERENSI:
(1)    https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier
(2)    https://aivoicedetector.com/
(3) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pidato-jokowi-agar-masyarakat-jangan-pusing-kepala-kenaikan-bintang-empat-kepada-prabowo