[SALAH] Lowongan Pekerjaan Online

Hasil periksa fakta Agnes A

Modus penipuan serupa lowongan pekerjaan freelance dan part time. Korban akan diarahkan untuk mengirimkan sejumlah uang dan diiming-imingi keuntungan berlipat.

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: WhatsApp

=====

[NARASI]: “Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Cindy, saya menghubungi Anda dengan tujuan untuk menawarkan pekerjaan online. Saya mendapatkan nomor Anda dari database Jobstreet dan mungkin Anda sudah pernah melamar di sana. Bolehkah izinkan saya mula dengan menjelaskan pekerjaan ini secara singkat?”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar pesan melalui media sosial WhatsApp yang menawarkan pekerjaan secara online. Pengirim pesan mencatut situs pencarian kerja ternama, namun tidak menyampaikan perusahaan asal dan detail pekerjaan yang ditawarkan.

Modus penipuan serupa sempat ramai beredar dengan menawarkan pekerjaan freelance atau paruh waktu (part time). Awalnya korban akan diberi tugas dan imbalan. Namun untuk tugas-tugas selanjutnya, korban akan diarahkan untuk mengirimkan sejumlah uang dengan alasan sebagai deposit. Lalu korban akan diiming-imingi keuntungan berlipat.

Namun bukan keuntungan yang didapat, justru korban akan diminta untuk mengirimkan uang dengan jumlah yang lebih besar. Nantinya, uang korban tidak dikembalikan oleh pelaku penipuan.

Pakar Keamanan Siber, Alfons Tanujaya mengingatkan untuk langsung menolak dan memblokir nomor yang menawarkan pekerjaan online melalui media sosial.

=====

[REFERENSI]:
– https://tekno.kompas.com/read/2023/06/29/10010077/waspada-ini-ciri-ciri-penipuan-modus-kerja-freelance-yang-marak-di-whatsapp?page=all
– https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230531081506-37-442028/chat-tawaran-kerja-freelance-ramai-di-whatsapp-awas-penipu
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-lowongan-pekerjaan-online