[SALAH] Tangerang Diterjang Banjir Bandang Hingga Pemukiman Warga Jebol

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana banjir bandang telah menerjang wilayah Tangerang hingga merusak pemukiman warga merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “543 kepala keluarga terdampak banjir di Tangerang”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/AHRYZB4qLak (YouTube)

=======

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERKINI ~ TANGERANG MELUAP.. BANJIR BANDANG LANDA BEBERAPA WILAYAH | TANGERANG MELUAP, BANJIR BANDANG MELUAP KE PEMUKIMAN WARGA HINGGA JEBOL”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 26 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana banjir bandang telah menerjang beberapa wilayah di Tangerang hingga merusak pemukiman warga.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Antara News berjudul “543 kepala keluarga terdampak banjir di Tangerang”.

Sumber: Antara News

Artikel tersebut memberitakan mengenai 543 kepala keluarga di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan yang terdampak banjir pada 22 Maret 2024. Ketinggian air pun beragam mulai dari 50-80 centimeter akibat intensitas hujan yang tinggi. Hingga artikel tersebut diterbitkan, diketahui warga masih memilih bertahan di rumah masing-masing.

Sebagai informasi tambahan, banjir bandang memiliki volume lebih besar jika dibandingkan dengan banjir biasa. Selain itu, banjir bandang juga dapat terjadi secara tiba-tiba sehingga kerugian yang ditimbulkan juga lebih luas.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.antaranews.com/berita/4024071/543-kepala-keluarga-terdampak-banjir-di-tangerang
https://rri.co.id/daerah/603271/ratusan-kepala-keluarga-terdampak-banjir-tangerang
https://news.detik.com/berita/d-6405915/apa-perbedaan-banjir-dengan-banjir-bandang-cek-penjelasannya
https://bpbd.baliprov.go.id/article/2912/banjir-dan-banjir-bandang-kenali-untuk-selamat