[SALAH] Penemu mRNA Bersaksi Bahwa Moderna Tahu Vaksin Covid Menyebabkan Kanker Turbo

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ada bukti bahwa vaksin Covid-19 dapat menyebabkan kanker, Kanker Turbo sendiri adalah sebuah mitos yang dibuat-buat oleh dokter anti vaksin. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/43y9QP9

= = =

Narasi:

“Penemu mRNA Bersaksi ‘Moderna Tahu Fuckcuihh Coped Menyebabkan Kanker Turbo’ https://thepeoplesvoice[dot]tv/inventor-of-mrna-testifies…/”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di Facebook yang memuat informasi bahwa vaksin Covid-19 dapat menyebabkan Kanker Turbo, disebutkan bahwa penemu vaksin mRNA menjadi saksi bahwa pihak Moderna telah mengetahui efek vaksin tersebut.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Dilansir dari Reuters.com, beberapa pakar ahli membantah kebenaran klaim tersebut. Dr. Gigi Gronvall, pakar imunologi dan peneliti senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins menyatakan bahwa klaim tersebut tidak ada bukti yang mendasar, ia menyebut bahwa Kanker Turbo yang diakibatkan dari vaksin telah dibuat-buat.

Prof. Stebbing, profesor di kedokteran kanker dan onkologi di Imperial College London mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mendengar istilah Kanker Turbo. Mengutip dari Wikipedia, Kanker Turbo adalah istilah mitos yang dibuat-buat oleh dokter anti-vaksin pada akhir 2020.

Dengan demikian, vaksin mRNA dapat menyebabkan Kanker Turbo adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/article/idUSL1N3340PQ/

https://en.wikipedia.org/wiki/Turbo_cancer

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-penemu-mrna-bersaksi-bahwa-moderna-tahu-vaksin-covid-menyebabkan-kanker-turbo

= = =