[SALAH] Megawati Hangestri Resmi Menandatangani Kontrak Baru dengan Klub Besar Asal Jepang

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Megawati Hangestri secara resmi telah menandatangani kontrak baru dengan klub voli ternama asal Jepang merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai klaim tersebut dan narator hanya membaca ulang tiga artikel dari sumber yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/S9joMVXBbfw (YouTube)

=======

[NARASI]: “Detik² Megawati Jabat Tangan Dengan Coach Ternama Jepang Untuk Pergantian Kontrak Dirinya Dari Khj | MEGAWATI TIBA DI JEPANG UNTUK RESMIKAN PERGANTIAN KONTRAK DENGAN KLUB BESAR”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bisikanpublic8558 pada 27 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa pemain Red Sparks asal Indonesia, Megawati Hangestri, telah tiba di Jepang untuk meresmikan pergantian kontrak dirinya dengan klub besar asal Jepang.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut. Selain itu, sepanjang video nyatanya narator hanya membaca ulang tiga artikel dari sumber yang berbeda.

Pertama, artikel berjudul “Megawati Hangestri Mulai Kirimkan Kode Cabut dari Liga Korea, 3 Pemain Red Sparks Ini Perlihatkan Sifat Setia Kawan kepada Megatron dengan…” milik TV One News. Dalam artikel diberitakan mengenai tiga pemain Red Sparks yang dikabarkan belum mau menekan perpanjangan kontrak baru jika Red Sparks tidak menawarkan hal yang sama kepada Mega.

Sumber: TV One News

Kedua, artikel milik Bola Sport berjudul “Playoff Liga Voli Korea – Sesuai Harapan Pelatih, 55 Poin Gia dan Mega Bikin Segitiga Maut Tim Legenda Korsel Terlihat Culun”. Dalam artikel disebutkan bahwa Mega dan Giovanna Milana (Gia) berhasil memberi teror dengan mengumpulkan 55 poin bagi kemenangan Red Sparks atas Pink Spiders.

Sumber: Bola Sport

Ketiga, artikel milik Tribun Sport berjudul “Megawati Sumbang 25 Poin, Pelatih Red Sparks Mendadak Berani Ejek Pink Spiders”. Dalam artikel disebutkan mengenai Mega yang menyumbang 25 poin untuk kemenangan Red Sparks atas Pink Spiders pada match kedua play-off Liga Voli Putri Korea 2023/2024.

Sumber: Tribun Sport

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bisikanpublic8558 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.tvonenews.com/sport/arena/196668-megawati-hangestri-mulai-kirimkan-kode-cabut-dari-liga-korea-3-pemain-red-sparks-ini-perlihatkan-sifat-setia-kawan-kepada-megatron-dengan?page=allhttps://www.bolasport.com/read/314049133/playoff-liga-voli-korea-sesuai-harapan-pelatih-55-poin-gia-dan-mega-bikin-segitiga-maut-tim-legenda-korsel-terlihat-?page=all
https://www.tribunnews.com/sport/2024/03/24/megawati-sumbang-25-poin-pelatih-red-sparks-mendadak-berani-ejek-pink-spiders
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-megawati-hangestri-resmi-menandatangani-kontrak-baru-dengan-klub-besar-asal-jepang