[SALAH] Video Pembuatan Sayur Kol Palsu, “Hati-hati Jangan Salah Beli”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut adalah proses pembuatan sampel makanan di Jepang. Sampel tersebut akan dijadikan replika dalam menu makanan sehingga konsumen dapat melihat seperti apa makanan yang sebenarnya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://web.archive.org/web/20240327021119/http://web.archive.org/screenshot/https://web.facebook.com/story.php?story_fbid=334710566264456&id=100091765445527&mibextid=xfxF2i

Arsip video: https://bit.ly/3TyLZu6

= = =

Narasi:

“Hati2 sayur Kol Palsu”

“Kol kw super. Wah ternyata seperti ini ya guys cara pembuatan kol palsu guys, hati-hati ya guys, jangan asal beli.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan proses pembuatan sayur kol dengan menggunakan cairan yang dituangkan ke air kemudian cairan tersebut akan dibentuk menyerupai sayur kol utuh. Narator dalam video menyebut bahwa video tersebut adalah proses pembuatan sayur kol dan ia menghimbau agar masyarakat berhati-hati agar tidak salah beli.

Namun setelah ditelusuri video tersebut serupa dengan video YouTube yang berjudul “Membuat sampel makanan Jepang” yang telah terpublikasi 10 tahun yang lalu, hanya saja diambil dari sudut pandang yang berbeda.

Dilansir dari Kotaku.com, banyak restoran Jepang yang membuat sampel makanan yang terbuat dari plastik yang dicairkan dan diberi warna sebagai replika untuk pelengkap daftar menu makanannya, dan video YouTube tersebut memperlihatkan bagaimana proses sampel makanan Jepang dibuat.

Dengan demikian, video pembuatan sayur kol palsu adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://kotaku.com/the-hypnotic-world-of-fake-japanese-food-1642005913

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-foto-tersangka-teroris-penyerangan-gedung-konser-moskow

= = =