[SALAH] Kepala Intelijen Ukraina menyatakan kepuasan atas serangan teroris Crocus di Moscow

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, video tersebut merupakan wawancara Budanov mengenai serangan drone di pangkalan udara Rusia, bukan pernyataan kepuasan terhadap serangan teroris Crocus di Moscow.

=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/fYZoY

=====   

Narasi  
[Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia]

:flag-ua: Ingat, Kepala Intelijen Ukraina Budanov secara terbuka menyatakan bahwa dia “sangat senang” terhadap serangan teroris di Rusia.

:ru: Sementara itu, ketua dewan keamanan Rusia Medvedev berjanji bahwa semua orang yang terlibat akan dibunuh termasuk sponsor dan simpatisan.

=====  

Penjelasan:  
Akun twitter @aussiecossack memposting sebuah postingan pada 25 Maret 2024 yang memperlihatkan Kepala Intelijen di Ukraina, Kyrylo Budanov, yang secara terbuka menyatakan kepuasannya terkait serangan teroris Crocus di Moskow.

Setelah dilakukan penelusuran, video yang dilampirkan dalam unggahan tersebut merupakan video wawancara ABCNews dengan Budanov pada Desember 2022 lalu. Saat itu ia ditanya apakah Ukraina berada di balik serangan drone di pangkalan udara Rusia.

Dalam Wawancara ABC, Budanov menyatakan bahwa Ukraina belum mengakui tanggung jawab atas serangan terhadap Pangkalan Angkatan Udara Engels Rusia pada 25 Desember 2022. Namun, Budanov mengakui bahwa insiden tersebut merupakan insiden yang memuaskan baginya.

Dapat diketahui bahwa pada 25 – 26 Desember 2022 sebuah drone Ukraina dicegat dan ditembak jatuh di dekat pangkalan Engels, yang mengakibatkan kematian tiga personel militer karena tertimpa puing-puing.

Sehingga, video yang dilampirkan dalam unggahan tersebut merupakan video wawancara Kepala Intelijen di Ukraina, Kyrylo Budanov mengenai serangan drone di pangkalan udara Rusia, bukan pernyataan kepuasan terhadap serangan teroris di Moscow.
=====    

Referensi:   
https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/26/this-interview-predate-the-crocus-attack-in-moscow
https://youtube.com/shorts/B5Mqj5qzZdw?si=05mI1Dqr1aN9-GdT