[SALAH] “Foto-foto Tersangka Teroris Penyerangan Gedung Konser Moskow”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya orang yang berada dalam foto tersebut adalah tersangka yang menyerang pusat kepolisian di Republik Ingushetia pada akhir Maret 2023, tidak ada kaitannya dengan kasus teror di Gedung Konser Moskow pada 22 Maret 2024.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/Wsja5

= = =

Narasi:

“Foto-foto tersangka teroris penyerangan Gedung Konser Moskow. Mereka semua berasal dari Kaukasus. Ada laporan yang belum dikonfirmasi mengenai +150 orang tewas”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Twitter membagikan foto-foto yang diklaim merupakan 5 orang tersangka pelaku teror di Gedung Konser Moskow di Rusia yang terjadi pada 22 Maret 2024.

Namun faktanya kelima orang tersebut adalah tersangka dari kasus penyerangan yang berbeda. Dilansir dari Misbar.com, kelima orang tersebut merupakan tersangka penyerangan Pusat Polisi Volga, Republik Ingushetia, Federasi Rusia pada akhir Maret 2023. Tidak ada kaitannya dengan teror di Gedung Konser Moskow pada 22 Maret 2024.

Dilansir dari BBC, Rusia telah menangkap empat orang pelaku serangan di Moskow. Kelompok Negara Islam atau ISIS mengatakan bahwa mereka bertanggungjawab atas serangan yang telah menewaskan 137 orang tersebut.

Dengan demikian, foto-foto pelaku serangan di Gedung Konser Moskow pada Maret 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/23/this-picture-does-not-depict-the-list-of-suspects-in-moscow-concert-hall-attack

https://www.bbc.com/indonesia/articles/clkm370gyjko

https://international.sindonews.com/read/1346889/41/rusia-marah-dan-sedih-setelah-teroris-bantai-137-orang-di-gedung-konser-moskow-1711325032

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-foto-tersangka-teroris-penyerangan-gedung-konser-moskow

= = =