[SALAH] VIDEO SEORANG PRIA DIKEJAR OLEH SEORANG KANIBAL

Hasil Periksa Fakta Gabriela Sinaga

Faktanya, video yang beredar tersebut memang sengaja dibuat sebagai konten video short Youtube, milik Youtuber Le Roi Des Punu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: KONTEN MENYESATKAN/MISLEADING CONTENT

=====
[SUMBER]: TWITTER
https://ghostarchive.org/archive/9SyKi

=====
[NARASI]:

“Have you ever been chased by a real cannibal? REALLY HAD TO RUN FOR YOUR LIFE?”

“Apakah kamu pernah dikejar kanibal sungguhan? BENAR-BENAR HARUS BERLARI SEUMUR HIDUP?”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah video yang beredar dari media sosial X, memperlihatkan seorang laki-laki berkulit hitam, sedang berlari di tengah hutan. Tampak laki-laki di dalam video itu sedang dikejar oleh seseorang yang tidak dikenal. Akun X bernama @DisturbingVidz ini menyebutkan bahwa seseorang yang tidak dikenal itu adalah kanibal. Video yang diunggah pada 5 Februari 2024 ini, telah ditonton oleh ribuan orang, serta mendapat banyak respon dari sesama pengguna X.

Namun, setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai klaim tentang video tersebut, ditemukan fakta yang  menunjukkan bahwa klaim laki-laki yang sedang dikejar oleh seorang kanibal tersebut adalah klaim yang salah. Diketahui video tersebut merupakan hasil rekayasa dari seorang Youtuber dengan nama akun Le Roi Des Punu.

Le Roi Des Punu adalah seorang Youtuber asal Prancis yang sangat aktif membuat konten video short sejak tahun 2022. Dapat dilihat bahwa dari banyaknya video, Le Roi Des Punu memang kerap membuat video seolah-olah dirinya sedang dikejar di tengah hutan.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa pria berkulit hitam di dalam video yang beredar tersebut tengah dikejar oleh seorang kanibal, merupakan informasi yang termasuk ke dalam kategorui konten yang menyesatkan (misleading content).

=====
[REFERENSI]:

=====