[SALAH] Anies dan Gus Imin Capres Cawapres Putaran Kedua 2024

Hasil periksa fakta Imroatul

Unggahan video dengan klaim bahwa Anies dan Gus Imin menjadi Capres dan Cawapres pada putaran kedua 2024 adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya unggahan video tersebut merupakan potongan dari video yang diunggah oleh akun lain.

= = = = =
[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

= = = = =

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/archive/LnzGa


= = = = =
[NARASI]: PUTARAN KEDUA “ABAH ANIES GUS IMIN CAPRES CAWAPRES PILPRES 2024”

Pasangan Amin Sangat Mencerdaskan Rakyat … Semangat ‘Salam Perubahan

= = = = =
[PENJELASAN]

Kanal Youtube @AbacoFamily pada 24 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Anies dan Gus Imin menjadi Capres dan Cawapres pada pemilu putaran kedua tahun 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya unggahan video berdurasi 59 detik tersebut sangat identik dengan unggahan video milik akun @METRO TV dengan judul “KICK KONTROVERSI – AMIN MAKIN YAKIN [FULL]” yang diunggah pada 19 Oktober 2024.

Unggahan video tersebut membahas tanggapan Anies dan Gus Imin ketika berjuang untuk mendaftarkan diri menjadi capres dan cawapres 2024. Anies mengatakan bahwa ia bersyukur bisa mengantarkan berkas-berkas pendaftaran dan langsung mendapat status memenuhi syarat (MS). Sementara Gus Imin mengatakan bahwa tahapan yang dikira akan terhambat nyatanya berjalan lancar dan antusiasme semangat perubahan menjadi energi yang luar biasa dan bisa menjadi harapan untuk memenangkan pemilu.

Dapat disimpulkan bahwa unggahan video milik akun @AbacoFamily merupakan video yang dimanipulasi dengan memotong video dari akun @METRO TV.

[REFERENSI]
https://youtu.be/YMU1GYylWI4?si=jVYjcvpHMeRepMZG