[SALAH] Presiden Prancis Lari dari Para Petani di Acara Konvensi Pertanian Paris 2024

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan pencarian gambar didapatkan hasil jika sumber asli foto tersebut merupakan momen saat Presiden Macron berlari untuk menyapa orang-orang yang hadir pada acara Pameran Pertanian Internasional di Paris pada 25 Februari 2023 yang lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/BnSkR (arsip)

===========

[NARASI]: “The French Farmers let Emmanuel Macron know he was not welcome at the Agriculture convention in Paris, He had to run out of there for his own safety”

Terjemahan: “para petani Prancis memberi tahu Emmanuel Macron bahwa dia tidak diterima di Konvensi Pertanian di Paris, dia harus lari dari sana demi keselamatannya”

===========

[PENJELASAN]: 

Diketahui akhir-akhir ini Prancis sedang ramai dengan isu protes yang dilakukan oleh para petani lokal untuk menuntut kehidupan yang kayak dan menuntut perlindungan terhadap persaingan asing. Berkaitan dengan isu tersebut kemudian beredar lah sebuah foto yang diklaim jika Presiden Prancis, Emmanuel Macron, sedang melarikan diri dari para petani ketika ia menghadiri acara Konvensi Pertanian 2024 di Paris.

Untuk memastikan kebenaran dari foto tersebut, dilakukan pencarian gambar yang akhirnya mendapat hasil temuan jika foto tersebut memiliki kemiripan dengan yang ada di situs Getty Images. Foto tersebut memuat keterangan jika Macron berlari untuk menyapa orang-orang yang hadir di acara Pameran Pertanian Internasional di Paris pada 25 Februari 2023 yang lalu.

Melalui temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika foto yang beredar tersebut bukan merupakan momen saat Macron berlari menghindari para petani di acara Konvensi Pertanian Paris yang diselenggarakan pada tahun 2024 ini.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.gettyimages.co.nz/detail/news-photo/french-president-emmanuel-macron-runs-to-greet-people-as-he-news-photo/1247476968