[SALAH] Video “kesetrum sepeda listrik meninggal dunia”

Informasi menyesatkan. Faktanya, kejadian di video itu merupakan kejadian ketika seorang anak tertabrak mobil box di jalan raya yang sudah beredar sejak tahun 2023.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Jhoem Zeeta Naza (fb.com/jhoem.edha) pada 12 Maret 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Liat video ini langsung takut belikan anakku sepeda listrik #fyp #semuaorang #fbpro #kontenkreatorpemula”

Di video tersebut terdapat narasi: “Astaghfirullah kesetrum sepeda listrik meninggal dunia”

Sumber: https://bit.ly/3VyWwI3 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video kejadian kecelakaan yang diklaim korbannya meninggal dunia karena tesetrum sepeda listrik merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, kejadian di video itu merupakan kejadian ketika seorang anak tertabrak mobil box di jalan raya yang sudah beredar sejak tahun 2023.

Gambar potongan video yang identik, salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Heboh Bocah Naik Sepeda Listrik Ditabrak Mobil Boks, Ini Pelajaran Pentingnya” yang terbit di situs oto.detik.com pada 29 Juli 2023.

Dilansir dari artikel ini, media sosial digegerkan video bocah yang tertabrak mobil boks saat mengendarai sepeda listrik di jalan raya. Menurut informasi yang banyak beredar, nyawa anak kecil tersebut tak bisa diselamatkan. Disitat dari akun Instagram @mksinfo.official, bocah pengendara sepeda listrik itu sudah tergeletak di tepi jalan raya.

Dia dikerumuni ibu-ibu dan bapak-bapak yang merasa panik. Sementara sepeda listriknya berada di sekitar lokasi dalam keadaan rusak. Tak jauh dari sepeda listrik tersebut, ada mobil boks berkelir hitam yang terparkir sejajar. Suara tangis dan raungan terdengar saling bersahut-sahutan.

Dilansir dari JawaPos, tidak diketahui kapan dan di mana kecelakaan tersebut terjadi. Menurut keterangan pengunggah video, anak tersebut kehilangan kendali saat mengendarai sepeda listrik dan keluar jalur.

REFERENSI
https://oto.detik.com/catatan-pengendara/d-6847772/heboh-bocah-naik-sepeda-listrik-ditabrak-mobil-boks-ini-pelajaran-pentingnya
https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/011811999/viral-anak-kecil-tewas-tertabrak-mobil-boks-saat-mengendarai-sepeda-listrik

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo