[SALAH] Surat Permohonan Bantuan Dana Oleh Pemkot Kendari

Hasil periksa fakta Rahmah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari, Nismawati memastikan surat tersebut palsu.

===
KATEGORI: Konten Tiruan

===
SUMBER: I Flyer

===
NARASI:
“Nomor : 055/1108/2024
Lamp : –
Hal : Undangan Permohonan Bantuan Dana

Berdasarkan Surat Keputusan Pj Walikota Kendari Nomor 1108 Tahun 2024 Tentang Pembentukan Panitia Acara Ulang Tahun Kota Kendari Yang Ke 193 Tahun Maka Pemerintah Kota Kendari Mengadakan Penanaman Lima Ribu Pohon Pelindung Se-Kota Kendari Dan Kebersihan Seluruh Lingkup Skpd Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tengah Yang Akan Di Laksanakan Pada:
Hari/Tanggal : Minggu, 04-10 Maret 2024
Tempat : Bay Pas Se-Kota Kendari
Waktu : 15.00 Wita- Selesai
Maka Pemerintah Kota Kendari Mengundang Pak Hermanto Pimpinan PT. Pratama Sejatra Untuk Berpatisipasi Menyumbang Dana Seiklasnya Dan Dikirim Rekening Bendahara Pantia Hut Kota Kendari Nomor Rekening BRI 73940101883355530 Atas Nama Siti Hadijah Kasim, S.Sos.
Demikianlah Kami Sampaikan Atas Perhatian Dan Kerja Sama Nya Kami Ucapkan Terima Kasih”

===
PENJELASAN:
Telah beredar surat permohonan bantuan dana oleh Pemkot Kendari yang ditujukan kepada PT. Pratama Sejatra. Pada surat tersebut terdapat kop surat Pemkot Kendari dan dijelaskan dalam rangka merayakan hari ulang tahun Kota Kendari ke-193 tahun akan diselenggarakan penanaman 5 ribu pohon se-kota Kendari yang dilaksanakan pada 04-10 Maret 2024. Hal Hermanto selaku pimpinan PT. Pratama Sejatra diminta membantu menyukseskan acara dengan memberi bantuan dana yang ditransfer ke rekening BRI atas nama Siti Hasdijah Kasim.

Faktanya surat tersebut palsu. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari, Nismawati memastikan mengonfirmasi surat tersebut bagian dari penipuan. Saat ini pihaknya sedang melakukan pelacakan terhadap penyebar surat dan mengimbau kepada masyarakat tidak mudah percaya.

“Mohon bagi masyarakat sekiranya untuk tidak menanggapi jika ada pihak-pihak yang mengirim surat permintaan sumbangan. Itu hoaks.” Ucap Nismawati dilansir dari kendarinews.com Sabtu(09/03/2024).

Dengan demikian surat permohonan bantuan oleh Pemkot Kendari adalah palsu sehingga masuk ke dalam kategori konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://kendarinews.com/2024/03/09/beredar-surat-permohonan-bantuan-dana-dari-pemkot-kendari-diskominfo-itu-hoaks/

https://www.rri.co.id/cek-fakta/588991/hoaks-surat-permohonan-bantuan-dana-pemerintah-kota-kendari