[SALAH] Program Sedekah Oleh Bupati Sambas “Santono S Sos”

Hasil periksa fakta Rahmah.

Melalui akun Facebook pribadinya (https://www.facebook.com/satonosambas) mengklarifikasi akun yang beredar bukan miliknya.

KATEGORI: IMPOSTER CONTEN/ KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: TANGKAPAN LAYAR FACEBOOK

NARASI:
“Maaf Mengganggu Waktunya Pak,saya mau tanya barangkali ada informasi pembangunan masjid / pondok pesantren di daerah sekitar bapak, Alhamdulillah ini kebetulan saya dan keluarga ada sedikit Rezeki untuk sodaqoh di masjid / pondok pesantren Di wilayah kita, barangkali Bapak bisa bantu saya untuk amanahkan program sodaqoh”
“Insyaallah siap pak haji,,nantek sy spaikan k Pimpinan Ponpes Darul Muttaqin,,kbtulan sy br balik dr lokasi,gtg ryg buat asrama santriwati,,”

===
PENJELASAN:
Akun Facebook mengatasnamakan Bupati Sambas “Santono S Sos” mengirimkan pesan melalui Messenger menanyakan informasi pembangunan masjid atau pondok pesantren karena ada program sedekah rutin. Akun tersebut memasang foto Santono dan menuliskan di biografi bahwa akun Facebook resmi pribadi milik Santono.

Faktanya akun Facebook tersebut palsu. Bupati Sambas Santono melalui akun Facebook pribadinya https://www.facebook.com/satonosambas mengklarifikasi dan mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap akun yang mencomot foto dan dibuat seolah-olah miliknya.

“Akun tersebut dibuat dan berisi foto-foto yang dicomot dari beberapa sumber lain di media sosial.
Akun palsu tersebut bernama Satono Sos
Link Facebook: https://www.facebook.com/profile.php?id=61556597861337…
Saya memiliki akun media sosial resmi yakni Facebook: https://www.facebook.com/satonosambas
Instagram:
https://instagram.com/bang_haji_satono?utm_medium=copy_link
Sekian pernyataan resmi ini saya sampaikan untuk disebarluaskan.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,” ujar Santono (19/03/24).

===
REFERENSI:
https://kliksambas.com/2024/03/18/waspada-ada-akun-facebook-palsu-mengatasnamakan-bupati-sambas-yang-berupaya-menipu-masyarakat/

https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=908694494590532&id=100063499699410&mibextid=xfxF2i