[SALAH] “KONDISI PULAU BAWEAN SETELAH GEMPA BUMI 22 MARET 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya video tersebut bukan merupakan dampak gempa yang terjadi di pulau Bawean pada 22 Maret 2024, melainkan gempa yang terjadi di Cianjur pada tahun 2022.

=====

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://ghostarchive.org/archive/aZpsN

=====

[NARASI]: PULAU BAWEAN setelah GEMPA BUMI

=====

[PENJELASAN]:
Akun Twitter dengan nama pengguna “Abd Halim” pada 22 Maret 2024 mengunggah video dengan narasi yang memperlihatkan kondisi pulau Bawean setelah dilanda gempa bumi.

Setelah melakukan penelusuran, video tersebut bukan merupakan dampak gempa yang terjadi di pulau Bawean pada 22 Maret 2024, melainkan gempa yang terjadi di Cianjur pada tahun 2022.

Pulau Bawean memang mengalami dampak akibat  gempa bumi magnitudo 6,0 di perairan Tuban, akan tetapi dampak kerusakan akibat gempa di pulau Bawean tidak seperti video yang beredar di masyarakat luas.

Dengan demikian, video yang memperlihatkan kondisi pulau Bawean setelah dilanda gempa bumi adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5557079/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-kondisi-tuban-usai-diguncang-gempa-pada-22-maret-2024
https://turnbackhoax.id/2024/03/23/salah-video-dampak-bencana-gempa-di-tuban-jawa-timur/
https://beritajatim.com/peristiwa/dampak-gempa-sejumlah-bangunan-di-pulau-bawean-gresik-rusak/