[SALAH] Kejiwaan Prabowo Terguncang Karena Tertekan Masalah Ini

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa kejiwaan Prabowo terguncang karena tertekan suatu masalah adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
http://web.archive.org/save/https://youtu.be/l2PptB5Ml2w?si=G_NU5T1gTtdAuqFY

====

[NARASI]: “Disaksikan 270 juta umat.!!kejiwaan prabowo terguncang hebat ternyata prabowo tertekan masalah ini.!”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “NARASI POLITIK” pada tanggal 13 Maret 2024 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa kejiwaan Prabowo tertekan karena tertekan suatu masalah. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 5 menit 57 detik sama sekali tidak membahas sebagaimana dalam klaim. Unggahan tersebut hanya berisi potongan video yang tidak berhubungan. Salah satu potongan video tersebut identik dengan video yang diunggah akun METRO TV. Dalam video tersebut Rocky Gerung mengatakan bahwa Anies Baswedan tidak akan menang dalam Pilpres 2024 karena ada penghalang yaitu Jokowi.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait klaim dalam video. Dilansir dari kominfo.go.id, isu mengenai masalah psikologi yang diderita oleh Prabowo adalah tidak benar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan video di atas adalah konten yang dimanipulasi.
==========
[REFERENSI]
[1]
https://youtu.be/gFa76GTf9lE?si=sCmX11aqhm5PV115
[2] https://www.kominfo.go.id/content/detail/53730/hoaks-bahaya-penyakit-yang-diderita-menhan-prabowo-diungkap-ahli-psikologi/0/laporan_isu_hoaks