[SALAH] Vaksin Polio Tidak Berguna karena Polio Bukan Disebabkan oleh Virus Menular tetapi Disebabkan oleh Racun

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya virus polio adalah virus yang sangat menular dan dapat menyebar melalui orang yang tidak menunjukkan gejala. Vaksin polio sendiri sudah terbukti berhasil memberantas virus polio di Amerika Serikat dan Kanada.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://perma.cc/PG5S-CXL9

= = =

Narasi:

“Salah satu alasan mengapa vaksin polio tidak berguna adalah karena polio tidak disebabkan oleh virus yang menular. Itu disebabkan oleh racun. Virus polio adalah virus komensal yang sama sekali tidak berbahaya jika tidak ada serangan racun yang gencar.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Twitter bahwa vaksin polio tidak berguna karena polio tidak disebabkan oleh virus menular, melainkan disebabkan oleh racun. Disebutkan juga bahwa virus polio adalah virus yang sama sekali tidak berbahaya jika tidak ada serangan racun.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya virus polio adalah virus yang sangat menular hingga dapat menyebar melalui orang terinfeksi yang tidak memiliki gejala. Mengutip dari AFP, vaksin polio yang ditemukan pada 1954 dan mulai disuntikkan pertamanya di Amerika sejak 1955 telah berhasil memberantas polio liar hingga tidak ada kasus polio sejak tahun 1979, sehingga vaksin polio dapat dikatakan berguna dalam memberantas polio.

Menurut Jessica Justman, profesor kedokteran dan epidemiologi Columbia Mailman School of Public Health mengatakan vaksin polio tetap menjadi kunci untuk melindungi masyarakat dari kelumpuhan akibat polio.

Dengan demikian, vaksin polio tidak berguna adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KV7RW

= = =