[SALAH] Ombak Ganas Terjang Sulawesi Utara Hingga Ludes

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa ombak ganas telah menerjang wilayah Sulawesi Utara hingga ludes tersapu merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Sulut hingga 20 Maret 2024”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/rQH-6i7jRy0 (YouTube)

=======

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ SULUT LUDES TERSAPU… BMKG KELUARKAN PERINGATAN OMBAK GANAS PANTAI SULUT | BMKG KELUARKAN PERINGATAN DINI GELOMBANG TINGGI WILAYAH SULUT”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 21 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa ombak ganas telah menerjang dan menghancurkan Sulawesi Utara (Sulut). Diklaim pula bahwa BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Sulut hingga 21 Maret 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Liputan 6 berjudul “BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Sulut hingga 20 Maret 2024”.

Sumber: Liputan 6

Artikel tersebut memberitakan mengenai peringatan BMKG atas gelombang tinggi di wilayah perairan Sulut dan sekitarnya yang berlaku hingga 20 Maret 2024. BMKG juga meminta warga untuk mewaspadai risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran dengan memperhatikan kecepatan angin.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/regional/read/5553446/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-gelombang-tinggi-di-perairan-sulut-hingga-20-maret-2024