[SALAH] Bantuan Tambahan BLT PKH Tahap 1 Rp400.000

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Kementerian Sosial tidak pernah membuat situs ataupun tautan terkait pendaftaran maupun pencairan bantuan sosial, dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan informasi pribadi, demi menghindari penyalahgunaan data.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten Tiruan

Beredar sebuah pesan berantai yang menyebutkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan tambahan BLT PKH tahap pertama, dengan narasi sebagai berikut.

NARASI:
𝑲𝒂𝒃𝒂𝒓 π’ˆπ’†π’Žπ’ƒπ’Šπ’“π’‚ π’‘π’†π’Žπ’†π’“π’Šπ’π’•π’‚π’‰ π’‚π’Œπ’‚π’ π’Žπ’†π’Žπ’ƒπ’†π’“π’Šπ’Œπ’‚π’ 𝒃𝒂𝒏𝒕𝒖𝒂𝒏 π’•π’‚π’Žπ’ƒπ’‚π’‰π’‚π’ 𝑩𝑳𝑻 PKH Tahap 1 𝑹𝒑 400.000 klik https://bansos[dot]press/?v=cekbansos

Sumber: WhatsApp https://archive.is/X8K4q (Arsip)
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, informasi serupa pernah beredar sebelumnya dengan menyertakan link bansos. Namun hal tersebut dibantah oleh Kementerian Sosial.

Kementerian pimpinan Tri Rismaharini menemukan adanya pesan yang menyebar melalui WA belakangan ini. Isinya berupa kabar pencairan dan/atau pendaftaran bantuan tambahan BLT El Nino tahun ini.

“Hoaks! Kementerian Sosial tidak pernah membuat situs ataupun tautan terkait pendaftaran maupun pencairan bantuan sosial,” tulis Kemensos di Instagram @kemensosri, Kamis (22/2).

Pada akun Instagram resmi milik Kemensos dalam sematan history nya menginformasikan kepada masyarakat untuk tidak memberikan informasi pribadi, demi menghindari penyalahgunaan data.

Informasi mengenai bantuan sosial serta informasi lainnya dapat dicek melalui website official Kementerian Sosial di tautanΒ kemensos.go.idΒ maupun akun resmi media sosial Kementerian Sosial yang sudah terverifikasi.

REFERENSI:
https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240222142328-532-1065998/kemensos-bantah-ada-blt-el-nino-tambahan-seperti-ramai-di-whatsapp/amp
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7205950/beredar-link-pendaftaran-blt-rp-400-ribu-kemensos-pastikan-hoax
https://www.instagram.com/kemensosri/