[SALAH] Video Perayaan Anies-Muhaimin Menang dengan Perolehan Suara 56.4%

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Video tersebut adalah momen pada saat Anies-Muhaimin tiba di NasDem Tower saat hendak berangkat bersama menuju KPU untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Oktober 2023, bukan sebuah perayaan atas kemenangan dengan perolehan suara 56.4%. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/aTY6D

= = =

Narasi:

“anis amin RI 1. anis persiden indonidia. Alhamdulillah terimah kasih ya Allah, sdh memberikan amanah kepada kedua calon presiden dan wakil presiden ini Amiin. AMIN Ready 2024 Sudah tiba di Nasdem.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di TikTok menunjukkan video Anies dan Muhaimin dengan narasi yang memersepsikan bahwa pasangan calon presiden tersebut telah menang dengan perolehan suara 56.4%.

Namun setelah ditelusuri, video tersebut adalah momen pada saat Anies dan Muhaimin tiba di NasDem Tower pada Oktober 2023 saat hendak berangkat bersama menuju KPU untuk mencalonkan diri menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Sedangkan grafik perolehan suara ketiga pasangan calon presiden yang ditampilkan adalah grafik dari hitung suara yang sebelumnya dipublikasi oleh Instagram @realjurdil2024, dalam keterangannya disebutkan bahwa hasil tersebut adalah hasil hitung per tanggal 14 Februari 2024 jam 17:50. Bukan hasil rekap atau hasil hitung terbaru.

Dengan demikian, Anies-Muhaimin merayakan kemenangan dengan perolehan suara 56.4% adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/p/C3U2uGlsGw6/?igsh=MW13czIweGg0Nm9ncw== (Arsip: https://ghostarchive.org/iarchive/s/instagram/C3U2uGlsGw6)

= = =