[SALAH] Kapal Induk Amerika masuk tanpa izin ke perairan Bali

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Tidak benar. Kapal tersebut bukan masuk ke perairan Bali tanpa izin, melainkan hadir untuk melaksanakan diplomasi dengan TNI Angkatan Laut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konteks yang salah

Beredar sebuah postingan oleh akun Twitter @AndiPitopang7 pada 17 Maret 2024, yang memperlihatkan tangkapan layar video yang mengklaim bahwa kapal Induk Amerika masuk tanpa izin ke perairan Bali.

NARASI:
ADA INFO KAPAL INDUK AS SUDAH  BERSANDAR DI INDONESIA AKANKAH JOKOWI LENGSER ATAS TEKANAN AS?… WELCOME WORLD WAR III…AS MEMBERI DUKUNGAN AGAR RAKYAT MELAKUKAN PEOPLE POWER TERHADAP KEJAHATAN BERNEGARA TSM REZIM JKW…AYO BANGUN SEMUA!

Sumber: Twitter https://archive.ph/d1Qfj Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, kapal tersebut bukan masuk ke perairan Bali tanpa izin, melainkan hadir untuk melaksanakan diplomasi dengan TNI Angkatan Laut.

Pada salah satu komentar, disebutkan tangkapan layar tersebut merupakan konten yang diunggah pada bulan Juli 2023, namun baru disebarkan kembali akhir ini.

Dilansir dari cnbcindoensia.com, sebanyak tiga kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) tiba di perairan Laut Bali. Ketiganya dilaporkan berlabuh di Dermaga Tanjung Benoa, Bali sejak Minggu (16/7/2023).

Ketiga kapal perang tersebut adalah kapal induk USS Ronald Reagan (CVN-76) lalu dua kapal penjelajah USS Antietam (CG-54) dan USS Robert Small (CG-62). Dalam rilis yang dikeluarkan Tentara Nasional Indonesia (TNI), ketiga kapal perang AS tersebut hadir untuk melaksanakan diplomasi dengan TNI Angkatan Laut.

Dengan demikian, informasi terkait dengan kapal induk Amerika masuk tanpa izin ke perairan Bali adalah tidak benar. Sehingga masuk pada kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20230718170313-4-455450/tiga-kapal-perang-as-tiba-tiba-merapat-di-bali-ada-apa
https://www.youtube.com/watch?v=0f0pA0jKmrY&pp=ygU3VGlnYSBLYXBhbCBQZXJhbmcgQVMgVGliYS1UaWJhIE1lcmFwYXQgZGkgQmFsaSwgQWRhIEFwYQ%3D%3D
https://www.portal-komando.com/2023/07/kri-sim-367-dan-kri-shn-366-sambut-kedatangan-3-kapal-perang-amerika-di-bali/