[SALAH] Prabowo Beragama Katolik

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Postingan yang beredar di Facebook dan mengatakan bahwa Prabowo Subianto beragama Katolik tidaklah benar. Prabowo Subianto merupakan pemeluk agama islam sama seperti ayahnya. Hal ini dibuktikan dari potret Prabowo melaksanakan ibadah selayaknya seorang muslim. Namun, memang keluarganya memiliki agama yang beragam, seperti ibu dan dua saudara kandungnya yang beragama Kristen.

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://web.archive.org/web/20240320025929/https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=939798117659978&id=100048893944603&mibextid=oFDknk

====
[NARASI] ” 2 Periode dukung Prabowo, ternyata saya baru tau kalau Prabowo itu katolik. Adiknya Kristen Protestan, ada yg Yahudi dan dia ini keturunan China. Ini adiknya sendiri yg ngomong lhoo. Smg saya slh mendengar”

====
[PENJELASAN]
Sebuah postingan di Facebook mengatakan bahwa agama Prabowo Subianto adalah Katolik. Dalam postingan ini, ditambahkan juga agama dari keluarga Prabowo yang berbeda-beda.

Setelah penelusuran, Prabowo Subianto adalah pemeluk agama islam. Hal ini dibuktikan dengan salah satu unggahan di kanal YouTube Kompas TV yang memperlihatkan Prabowo sedang melaksanakan ibadah Shalat Jumat. Selain itu, di postingan Instagram pribadinya, tidak jarang Prabowo mengunggah potret dirinya melaksanakan ibadah umat muslim seperti shalat, ziarah, bahkan haji.

Sementara itu, diketahui Prabowo memang berasal dari keluarga beragam. Dilansir dari http://bisnis.com, Hashim Djojohadikusumo selaku adik kandung Prabowo mengatakan waktu acara Dialog Nasional Kebhinekaan dan Pemilu Damai di Jakarta ” ini saya jelaskan dalam konteks bahwa keluarga Prabowo itu beragam. Kami 4 bersaudara, 2 Islam, 2 pengikut Kristus” . Hashim juga menerangkan bahwa ayahnya, Soemitro Djojohadikoesoemo adalah seorang muslim sedangkan ibunya penganut Kristen Protestan. Kemudian, orang tua Prabowo memiliki 4 orang anak dan 2 diantaranya memeluk agama islam termasuk Prabowo.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan yang mengklaim bahwa Prabowo beragama Katolik tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://m.bisnis.com/amp/read/20190128/15/883052/latar-belakang-agama-keluarga-prabowo-sering-jadi-sorotan-ini-penjelasan-hashim

https://youtu.be/kxTeiHNwqAY?si=6R9bc2kkmHmPA-1x