[SALAH] AMIEN RAIS BALIK KANAN DAN DUKUNG PRABOWO

Bukan momen Amien Rais balik kanan mendukung Prabowo, melainkan saat Amien Rais menanggapi perihal empat partai politik yang mendukung Prabowo Subianto pada Agustus 2023.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK

https://vt.tiktok.com/ZSFubWrTL/

Arsip https://ghostarchive.org/archive/RVXEB 

===

NARASI:

“SETUJU NGAK GAES, !! ??

ABAH AMIN BALIK KANAN

Ya tentu kalau begitu saya pasti kembali ke pak prabowo”

===

PENJELASAN: Beredar melalui sebuah akun TikTok bernama @seroja98_, video yang menunjukkan sosok Amien Rais tengah diwawancara oleh sejumlah media. Video tersebut diunggah dengan narasi yang menyebut jika Amien Rais telah balik kanan mendukung Prabowo Subianto.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika narasi yang disematkan pada video tersebut tidak sesuai fakta. Melansir dari sejumlah pencarian di mesin pencari, ditemukan video serupa pada akun YouTube Tribun Pontianak berjudul “Reaksi Amien Rais Partai Ummat, Saat Golkar dan PAN Akhirnya Dukung Prabowo Capres 2024” yang tayang pada 14 Agustus 2024. Faktanya, video tersebut merupakan momen di mana Amien Rais merespon perihal empat partai politik yang kala itu mendukung Prabowo Subianto.

Dalam wawancara tersebut, Amien Rais mengungkapkan jika dirinya bisa saja kembali mendukung Prabowo apabila Anies gagal maju menjadi capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Dengan kata lain video tersebut BUKAN merupakan momen wawancara setelah dilakukannya pemungutan suara pemilihan umum 2024.

Berdasar seluruh referensi, unggahan video oleh akun @seroja98_ tidak sesuai dengan fakta. Video tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI: