[SALAH] Mengendalikan Dan Menguasai Penguasa Sebagai Penjajah Gaya Baru

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan merupakan cuplikan konferensi pers Juru Bicara Biro Statistik Nasional China, Fu Linghui, mengenai kondisi perekonomian di negara China, tidak ada pembahasan mengenai adanya penguasaan ekonomi di Indonesia sebagaimana klaim yang beredar.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
=========================

NARASI
Efeck dampak Bahayanya Kedaulatan Negara dan Bangsa indonesia dari kebijakan2 Rezim penguasa dalam loyalitasnya berpihak terhadap oligarki.
https://twitter.com/Andria75777/status/1768343194486636906  (https://archive.md/JehTw arsip)\


==========================

PENJELASAN:
Sebuah akun Twitter dengan nama @Andria75777 membagikan sebuah video yang menampakan cuplikan konferensi pers Juru Bicara Biro Statistik Nasional China, Fu Linghui. Video yang diunggah disertai narasi audio sebagai berikut:

“Sebagai penjajah gaya baru, RRC akan memperkuat kekuatan Taipan etnis China. Mereka akan memindahkan warga China ke Indonesia dengan dalih sebagai TKA di semua wilayah Nusantara, terutama untuk kawasan Kalimantan, Maluku, Sulawesi, Papua yang memiliki Pelabuhan besar. Kemudian area investasi diperluas dan diperkuat, diciptakan kawasan ekslusif semacam benteng dengan regulasi dan aturan tersendiri bagi warga Tionghoa. Kalau kekuatan ini sudah relative terkendali untuk keamanan jangka panjang, RRC dipastikan akan membangun pangkalan militer dengan alibi melindungi investasi, keselamatan, dan keamanan TKA China. Dan IKN akan menjadi prioritas karena jantung negara berada di Ibu Kota harus dikuasai fisiknya. Saat itulah Indonesia sempurna menjadi satelit RRC. Indikasi ke arah sana terlihat jelas, nyaris semua produk hukum wajib berhaluan pro RRC,”

Setelah ditelusuri, video yang digunakan merupakan cuplikan dari konferensi pers yang dilakukan oleh Juru Bicara Biro Statistik Nasional China, Fu Linghui, pada 16 September 2023 lalu. Video identik ditemukan pada kanal Youtube IDX channel dengan judul “China Tambah Stimulus Untuk Dorong Ekonomi” yang tayang pada 18 September 2023.

Dalam video tersebut, Fu Linghui menjelaskan mengenai kondisi perekonomian di China, terutama mengenai industri retail barang.
Dengan demikian, klaim yang terdapat pada narasi video yang menyebut adanya penguasaan ekonomi di Indonesia oleh RRC, tidak benar.
========================

REFERENSI:

(1) https://www.youtube.com/watch?si=DMUnX77NmPfhEIlj&v=FPFCeraVQo8&feature=youtu.be
(2) https://www.antaranews.com/berita/3121829/penjualan-retail-china-naik-54-persen-pada-agustus-2022