[SALAH] Masjid Tempat Ibadah Umat Islam Dilecehkan oleh Para Preman

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya peristiwa itu bukan merupakan kejadian yang mana sekumpulan preman mengepung sebuah masjid dengan tidak hormat, melainkan hanya merupakan bagian dari pertunjukan drama yang dibawakan oleh santri Ponpes Al Istiqlaliyah.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/iarchive/s/instagram/C380ME5yXvJ (arsip)

===========

[NARASI]: “Dibawah *ini video Preman sedang menunjukkan taringnya dan menantang Pribumi Pejuang, Menantang Para Mujahid bahwa negeri ini sudah dalam genggaman Jokowi dan para preman !!!*

*Dimana menteri agamanya….?*

*masjid tempat ibadah umat Islam sedang di lecehkan oleh para preman….!!!*”

===========

[PENJELASAN]:

Muncul sebuah video di Instagram yang menampilkan sekelompok pemuda yang berpakaian seperti preman mendatangi bangunan yang diduga adalah masjid, kemudian berbicara dengan mikrofon di depan mimbar. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyenggol Presiden Jokowi yang dianggap menjadi penanggung jawab kejadian tersebut.

Namun setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut identik dengan unggahan dari akun Instagram @palembangkaget yang di upload pada tanggal 2 Maret 2024. Unggahan akun tersebut menjelaskan bahwa video merupakan kegiatan teater santri Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok, Tangerang, Banten.

Sementara itu, kegiatan tersebut tidak dilakukan di bagian masjid melainkan dilakukan di ruang majelis yang mirip seperti aula. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim jika ada sekumpulan preman yang mengepung masjid dengan tidak hormat adalah klaim yang tidak benar, faktanya peristiwa itu hanya merupakan bagian dari pertunjukan drama yang dibawakan oleh santri Ponpes Al Istiqlaliyah.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.instagram.com/p/C3-1elaSoRO/