[SALAH] Video Pengeroyokan Begal di Jeunieb Aceh

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Polres Bireuen memberikan klarifikasi jika video tersebut bukan pengeroyokan begal, tapi merupakan video kerusuhan yang disebabkan oleh perkelahian antar remaja di Jeunieb.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/b5ZPT (arsip)

===========

[NARASI]: “Nanggroe Aceh tidak sedang baik baik saja,, Waspdalhh.!! Kejadian malam 1 ramadhan Di jeunieb”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah unggahan di Facebook yang menampilkan video diduga mengenai pengeroyokan terhadap begal yang terjadi di daerah Jeunieb, Kabupaten Bireuen, Aceh. Dalam caption unggahan tersebut juga dijelaskan jika kejadian tersebut terjadi pada malam 1 Ramadhan ini.

Namun, klaim tersebut mendapat bantahan dari pihak Polres Bireuen. Kasat Reskrim, Adimas Firmansyah, memberikan penjelasannya melalui video yang diunggah di akun Instagram @humaspolresbireuen, jika kejadian yang terjadi sebenarnya adalah perkelahian antara remaja.

Sebelum mereka diamankan warga, mereka diduga melakukan pengrusakan rak penjual mie di salah satu kedai dan mengacungkan parang ke warga yang mengejarnya. Kasus tersebut saat ini dalam penanganan Satreskrim Polres Bireuen. 

Berdasarkan penjelasan dari Polres Bireuen tersebut maka dapat disimpulkan jika kejadian tersebut bukan merupakan pengeroyokan begal, tapi merupakan kerusuhan yang diakibatkan oleh perkelahian remaja.

===========

 [REFERENSI]:

https://www.instagram.com/reel/C4cxWPjJWDz/

https://aceh.tribunnews.com/2024/03/13/insiden-di-jeunieb-bireuen-perkelahian-antar-remaja-bukan-begal?_ga=2.191551587.831565887.1710438698-654154784.1708697480