[SALAH] Angin Puting Beliung Robohkan Warung dan Masjid di Blitar 15 Maret 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi angin puting beliung yang merobohkan warung dan masjid di Blitar. Faktanya angin kencang yang menerjang Kota Blitar hanya membuat pohon tumbang di beberapa titik.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/yNZju-E5aW0 (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ BLITAR BERDUKA HEBAT,ANGIN PUTING BELIUNG ROBOHKAN WARUNG HINGGA MASJID”

===========

[PENJELASAN]: Pada 15 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul angin puting beliung robohkan rumah dan masjid di Blitar.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Detik.com yang berjudul “Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang di Blitar Timpa Warung hingga Rusak”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi angin puting beliung yang merobohkan warung dan masjid di Blitar.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 13 Maret 2024. Angin kencang yang menerjang Blitar tersebut mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik. Pohon tumbang tersebut menutup akses jalan dan menimpa warung hingga rusak.

Pohon tumbang menyebabkan beberapa jalan ditutup seperti Jalan Musi Barat dan Jalan Barito. Sedangkan, satu pohon yang tumbang di Jalan Kalimas menimpas sebuah warung hingga rusak. BPBD Kota Blitar menghimbau masyarakat agar berhati-hati saat berkendara. Waspada terhadap jalan yang banyak pohon dan tidak berhenti di bawah pohon.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya warung dan masjid yang roboh di Blitar akibat diterjang angin puting beliung adalah informasi yang tidak benar.Faktanya angin kencang yang menerjang Kota Blitar hanya membuat pohon tumbang di beberapa titik.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7239025/pohon-tumbang-diterjang-angin-kencang-di-blitar-timpa-warung-hingga-rusak