[SALAH] Pengusiran Warga Negara China di Pekanbaru

Hasil periksa fakta Panji

Video kerusuhan tersebut bukan merupakan video pengusiran warga negara China di Pekanbaru, video tersebut merupakan video kerusuhan yang terjadi di PT PETS di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/TNKxX (arsip)

===========

[NARASI]: “*Pengusiran orang² WNA China di Pakan Baru dimulai hari ini , agar daerah² lain mengikutinya dan harus secepatnya , ayo kota Padang , Medan , Jambi , Lampung , Palembang jangan hanya diam tanpa persatuan !!!!!*”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di Facebook pada 8 Maret 2024 kemarin yang memperlihatkan sekumpulan orang mengepung suatu tempat dan melakukan pengrusakan mobil-mobil yang terparkir di tempat tersebut. Unggahan itu juga mengklaim bahwa peristiwa tersebut merupakan pengusiran warga negara China yang berada di Pekanbaru.

Namun, video tersebut memiliki kesamaan dengan video di Facebook yang diunggah oleh akun Aswin Hardjono pada 22 September 2023 kemarin. Video tersebut rupanya merupakan momen ketika ribuan penambang emas mengamuk di PT PETS, Kab. Pohuwato, Gorontalo.

Dilansir dari Metrotvnews.com dalam artikel berjudul “Sengketa Lahan Tambang Emas di Pohuwato Berujung Kerusuhan”, kerusuhan tersebut diakibatkan karena adanya masalah sengketa lahan tambang emas antara masyarakat dengan PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS) yang kemudian berakhir ricuh dan juga merusak beberapa fasilitas milik pemerintah daerah.

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika video kerusuhan tersebut bukan merupakan video pengusiran warga negara China di Pekanbaru, video tersebut merupakan video kerusuhan yang terjadi di PT PETS di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.facebook.com/watch/?mibextid=oFDknk&v=843203670850007

https://www.metrotvnews.com/play/NgxC8QL9-sengketa-lahan-tambang-emas-di-pohuwato-berujung-kerusuhan