[SALAH] Pesawat Tempur SU-27 Rusia Ditembak Jatuh Di atas Belgorod

Periksa Fakta Vania.
Menyesatkan. Faktanya, video tersebut merupakan video penyerangan Rusia terhadap pangkalan militer di Kalynivka, Vinnytsia, Ukraina. 

=====   

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====   

Sumber: Twitter
https://archive.ph/7Nlcb

=====   

Narasi  
[Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia]
Pesawat tempur SU-27 Rusia dilaporkan ditembak jatuh di atas Belgorod, di sisi perbatasan Rusia dengan Ukraina, tempat Legium Kebebasan Rusia yang pro-Ukraina saat ini aktif.

=====  

Penjelasan:  
Akun twitter Igor Suskho mengunggah postingan mengenai pesawat tempur Rusia yang ditembak jatuh di Belgorod sisi perbatasan Rusia – Ukraina. Dalam unggahan tersebut juga melampirkan sebuah video pada 12 Maret 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa video yang dilampirkan dalam unggahan tersebut bukan mengenai pesawat tempur Rusia yang ditembak jatuh di Belgorod. Dilansir dalam misbar.com menemukan bahwa rekaman yang berasal dari tahun 2022 itu menggambarkan sebuah pangkalan militer Ukraina yang diserang di wilayah Vinnytsia.

Setelah menyelidiki laporan dari wilayah Vinnytsia dalam jangka waktu yang sama, telah ditemukan laporan adanya asap yang keluar dari depot militer di Kalynivka, yang terletak di wilayah Vinnytsia, Ukraina, setelah deklarasi ‘Operasi Militer Khusus’ oleh Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina.

Diketahui bahwa Rusia telah menghancurkan situs penyimpanan bahan bakar militer terbesar yang tersisa di Ukraina, menyerangnya dengan rudal jelajah Kalibr pada tanggal 24 Maret 2022.

“Pada malam 24 Maret, rudal jelajah berbasis laut presisi tinggi Kalibr menyerang pangkalan bahan bakar di desa Kalynivka dekat Kyiv,” kata kementerian pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, Jumat (25/3/2022), dilansir AFP.

Kementerian mengatakan itu adalah fasilitas penyimpanan bahan bakar militer terbesar yang tersisa di Ukraina, memasok pasukan di bagian tengah negara pro-Barat.

=====    

Referensi:   
https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/13/this-video-does-not-show-a-russian-jet-shot-down-above-belgorod
https://www.kompas.com/global/read/2022/03/25/173000370/ukraina-terkini–rusia-hancurkan-penyimpanan-bahan-bakar-militer-jumlah