[SALAH] SALAK BERISI NARKOBA DARI CHINA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan peristiwa ketika petugas Lapas Kelas II B Jombang menggagalkan penyelundupan pil koplo dalam buah salak pada Agustus 2020 yang disebarkan dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/Jd4xf (Instagram)

=======

[NARASI]:
buah salak Inpor dri Cina dlamya Sabu.

Share ke group² W.A yang anda ikuti agar viral.
Salak dari china isinya NARKOBA….hati2

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video menampilkan beberapa orang mengupas buah salak yang di dalamnya berisi butiran berwarna putih dengan narasi yang menyatakan bahwa buah salak tersebut berisi narkoba dari China. Video tersebut beredar dari akun instagram bernama fatimahenny.

Setelah ditelesuri, ditemukan video identik dengan video klaim tersebut dari unggahan channel youtube resmi Official iNews yang diunggah pada 1 Oktober 2020 dengan judul “Petugas Lapas di Jombang Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Buah Salak – iNews Sore 01/10”.

Video tersebut memberitakan tentang petugas Lapas Kelas II B Jombang, Jawa Timur, menggagalkan penyelundupan pil koplo dalam buah salak pada akhir Agustus 2020.

Dilansir dari kompas.com, pil koplo sebanyak 1000 butir tersebut dikirim oleh seorang berinisial VN kepada salah satu narapidana di Lapas Kelas II B Jombang. Dalam melakukan aksinya, pelaku menyobek kulit salak kemuduan mengganti daging buah dengan pil koplo.

Salak merupakan buah tropis asli Indonesia dan tidak ditanam di Cina. Namun buah salak juga ditanam juga di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Brunei, Thailand, Filipina, dan India.

Dengan demikian, narasi dengan klaim buah salak tersebut berisi narkoba dari China adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/13/151500482/-hoaks-salak-berisi-narkoba-dari-china

https://foodtasia.com/snake-fruit-salak/