[SALAH] MICHELLE OBAMA MENCALONKAN DIRI SEBAGAI PRESIDEN AMERIKA SERIKAT 2024

Hasil perksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebuat merupakan potongan dari pidato Michelle Obama pada saat Konvensi Nasional Partai Demokrat pada tahun 2016 yang disebarkan dengan narasi keliru.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/archive/5M6AE (Tiktok)

=======

[NARASI]:
(Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia)

Michelle Obama mengumumkan dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2024

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun tiktok bernama politicalprowess yang menampilkan mantan Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Michelle Obama sedang berpidato disertai narasi yaang menyatakan bahwa Michelle Obama mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut merupakan potongan video yang diambil dari pidato Michelle Obama dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat pada Juli 2016.

Video aslinya dimuat pada channel youtube resmi CTV News dengan judul “Here’s how Michelle Obama’s DNC speech changed after Donald Trump’s election in 2016”.

Dalam pidatonya tersebut Michelle mendukung kampanye kepresidenan Hillary Clinton yang kala itu berpotensi menjadi presiden peempuan pertama Amerika Serikat.

Dilansir dari kompas.com, juru bicara Michelle meluruskan bahwa mantan Ibu Negara Amerika Serikat tersebut tidak memiliki niat untuk berkontestan dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2024.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang disebarluaskan oleh akun tiktok politicalprowess adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/13/195500982/cek-fakta–tidak-benar-michelle-obama-jadi-capres-as-2024