[SALAH] 158 Rumah Di Boyolali Diterjang Angin Puting Beliung 13 Februari 2024 

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi angin puting beliung yang menerjang 158 rumah di Boyolali. Angin kencang yang terjadi di Boyolali hanya menyebabkan sebuah rumah rusak.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://www.youtube.com/watch?v=IphzXJXspak (arsip)

===========

[NARASI]: “BOYOLALI TERGULUNG, PUTING BELIUNG LANDA 158 RUMAH HINGGA HANCUR REMUK”

===========

[PENJELASAN]: Pada 13 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul 158 rumah di Boyolali diterjang angin puting beliung hingga hancur.

Namun, ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Radar Solo yang berjudul “Boyolali Berduka: Dilanda Longsor, Banjir, dan Angin Puting Beliung”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi angin puting beliung yang menerjang 158 rumah di Boyolali.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 10 Maret 2024. Angin kencang yang melanda menyebabkan kerusakan rumah milik Biyanto, warga setempat. Puting beliung juga terjadi di Dusun Sugih Waras, Desa Jlarem, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya 158 rumah yang hancur di Boyolali akibat angin puting beliung adalah informasi yang tidak benar. Faktanya angin kencang yang terjadi di Bogor hanya menyebabkan sebuah rumah rusak.

===========

 [REFERENSI] :

https://radarsolo.jawapos.com/boyolali/844425682/boyolali-berduka-dilanda-longsor-banjir-dan-angin-puting-beliung?page=2