[SALAH] Gempa 9,8 Magnitude Guncang NTT 13 Mareti 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi gempa 9,8 magnitude yang menerjang NTT. Gempa yang terjadi di Timor Tengah Selatan NTT hanya sebesar 3,7 magnitude.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/ontAJyY0zzI  (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ NUSA TENGGARA TIMUR RATA TANAH, GEMPA MAGNITUDE 9,8 GUNCANG GEDUNG KOTA”

===========

[PENJELASAN]: Pada 13 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul mengenai terjadinya gempa berkekuatan magnitude 9,8 Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh okezone.com yang berjudul “Gempa M3,7 Guncang Timor Tengah Selatan NTT”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa sebesar 9,8 magnitude.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 11 Maret 2024. Gempa 3,7 magnitude tersebut terjadi pada pukul 04.24 WIB. Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa ini. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa sebesar 9,8 magnitude yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Guncang Timor Tengah Selatan NTT hanya sebesar 3,7 magnitude.

===========

 [REFERENSI] :

https://news.okezone.com/read/2024/03/11/340/2981742/gempa-m3-7-guncang-timor-tengah-selatan-ntt