[SALAH] 528 Gedung di Jakarta Hancur Akibat Angin Puting Beliung

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana angin puting beliung telah menghancurkan 528 gedung di wilayah Jakarta pada 13 Maret 2024 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Hujan Deras Disertai Angin Kencang, 5 Pohon Tumbang di Jakarta”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/B6kH9Oqp_bg (YouTube)

=======

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ JAKARTA BERDUKA HEBAT,ANGIN PUTING BELIUNG HANCURKAN 528 GEDUNG | JAKARTA BERDUKA LAGI, ANGIN PUTING BELIUNG HANCURKAN 528 GEDUNG DPR HARI INI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana angin puting beliung telah menghancurkan 528 gedung di Jakarta pada 13 Maret 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Detik News berjudul “Hujan Deras Disertai Angin Kencang, 5 Pohon Tumbang di Jakarta”.

Sumber: Detik News

Artikel tersebut memberitakan mengenai tumbangnya lima pohon di DKI Jakarta akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada 9 Maret 2024 pukul 17.15 WIB.

Sejauh ini diketahui tidak ada sarana maupun korban yang terdampak atas kejadian tersebut. Selain itu, pohon yang tumbang juga telah ditangani oleh tim gabungan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-7233856/hujan-deras-disertai-angin-kencang-5-pohon-tumbang-di-jakarta